Inovasi Literasi Asuransi Astra Melalui Layanan Garda Oto Digital
![]() |
Dok. Pri | Rudy Chen dalam Peluncuran Garda Oto Digital |
Perkembangan
teknologi begitu pesat dewasa ini, perkembangan tersebut melingkupi berbagai sektor
kehidupan manusia, mulai dari perilaku, pemikiran, hingga regulasi dalam sebuah negara. Tak kurang dari itu, berbagai sektor bisnis dan layanan pun turut menyesuaikan dengan perubahan tersebut.
Salah satu hal yang cukup banyak diperhatikan dewasa ini adalah, digitalisasi layanan untuk masyarakat
luas. Dimana sebuah produk memudahkan untuk layanan pengguna, dalam menikmati
berbagai hal yang ditawarkan.
Pada perusahaan asuransi, pelayanan merupakan hal yang paling utama dan paling wajib tak bisa diganggu gugat, adapun membayar klaim adalah tugas daripada asuransi. Dan upaya klaim dengan baik dan cepat, melayani customer
dengan baik merupakan tujuan utama yang harus dilakukan oleh seluruh management dari
asuransi.
![]() |
Dok. Pri | Para Crew Memperlihatkan Aplikasi Yang Disediakan oleh Asuransi Astra Dengan Berbagai Layanan |
Pada
10 Oktober 2017, bertempat di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan. Saya
menjadi salah satu yang turut menyaksikan peluncuran saluran layanan Asuransi
Astra, dengan nama Garda Oto Digital. Dalam peluncuran hadir rekan media, rekan
berbagai komunitas, tamu undangan dan kawan blogger, turut hadir pula Suparno Djasmin (Direktur Astra International) dan Rudy Chen (CEO Asuransi Astra).
Dalam acara peluncuran layanan tersebut, mereka yang
hadir difasilitasi berbagai permainan yang seru dan tidak biasa. Salah satunya
Uno Stacks yang super besar, ada pula mewarnai dengan cat air pada sejarah perkembangan
Asuransi Astra.
Acara peluncuran tersebut berlangsung tertutup,
walau pun begitu kemeriahan acara masih tetap terasa. Bahkan ada berbagai kuis
berhadiah, yang dapat diikuti siapapun yang berada dalam acara tersebut.
![]() |
Dok. Pri | Acara berjalan dengan santai dan interaktif |
Kurang lebih pukul 14.00 para tamu diperkenankan
masuk ke dalam Artpreneur yang menurut saya cukup megah, kemegahan pun terasa
dengan LED Wall Screen Display yang artistik dalam setiap menitnya. Didukung
teknologi tinggi, secara tidak langsung memanjakan mata para hadirin dengan
berbagai decak kagum.
Pembukaan diberikan oleh Direktur Astra
International Suparno Djasmin
menyatakan bahwa “Saya kira inovasi ini adalah sesuatu yang menjadi unggulan dan menjadi
sesuatu yang membedakan asuransi astra dengan perusahaan- perusahaan asuransi
lainnya. Dan berinovasi melalui digital saat ini adalah menjadi keharusan, saya
kira tidak ada orang yang pernah memanfaatkan berbagai
layanan digital”.
Layanan Garda Oto Digital akan memberikan pengalaman
baru dalam berasuransi, para customer diberikan
kemudahan membeli polis dan melakukan klaim kendaraan melalui jaringan daring. Layanan
tersebut barang tentu memberikan kemudahan dan efisiensi waktu kepada para customer, tak hanya itu layanan tersebut merupakan inovasi yang mengutamakan
kenyamanan dan layanan yang eksklusif dalam pengalaman berasuransi yang
#MakinGampang bagi customer area Jakarta.
![]() |
Dok. Pri | Suparno Djasmin Direktur Astra Internasional ketika penyampaikan sambutan |
Tagar #MakinGampang
bukan hanya isapan jempol belaka, namun bentuk dedikasi tinggi yang diberikan
oleh Asuransi Astra bagi para customer pada zaman ini. Dimana kemudahan
membeli polis dapat akses melalui situs gardaoto.com yang dapat diakses dimana dan kapan saja. Adapun pada hal klaim, Garda
Oto Digital tetap memberikan kenyamanan pada customer yang #MakinGampang memilih sendiri lokasi klaim yang diinginkan.
Menjemput mobil ke
bengkel dapat merupakan hal menyusahkan dan menyita waktu, namun hal tersebut
tidak berlaku untuk customer Asuransi Astra, karena Garda
Oto Digital menyediakan
layanan antar jemput kendaraan menuju bengkel dari lokasi pilihan pelanggan dan
antar kembali dari bengkel #MakinGampang bukan? Tak berhenti sampai di situ, proses klaim, perbaikan kendaraan akan terjadwal dan
dapat di dipantau melalui
aplikasi Garda Mobile Otocare secara real time.
![]() |
Dok Pri| Para Bloger yang turut hadir dalam acara Asuransi Astra |
Rudy Chen selaku CEO Asuransi Astra mengatakan bahwa “Internet mempengaruhi perilaku manusia, termasuk perilaku konsumen pada
sektor asuransi. Melihat
situasi tersebut, kami terus bergerak
dan melihat
kesempatan yang baik. Hal tersebut diformulasikan
dalam strategi yang baik dengan implementasi baik. Sehingga dalam mengintegrasikan sistem layanan dengan sistem
digital bukanlah suatu percobaan yang main-main. Mengingat bahwa ekspektasi
pelanggan tinggi, menuntut kami untuk terus melakukan yang terbaik.”
Asuransi
Astra juga menyiapkan berbagai pilihan bonus menarik yang bisa langsung
pelanggan bawa pulang setelah membeli dan mengaktifkan polis. Mulai dari e-Toll
On Board Unit hingga ponsel pintar sekelas Samsung Galaxy Note 8. Inilah yang
membuat Garda Oto Digital menjadi layanan yang #MakinGampang Klaimnya, Banyak
Bonusnya!
Rudy Chen tak hanya memberikan
pemaparan tentang Garda Oto Digital, namun juga secara resmi meluncurkan layanan tersebut. “Fokus
inovasi berkelanjutan melalui layanan, kami yakini dapat menjadi
sarana yang baik dalam upaya mencapai visi kami Bring Peace of Mind to
Millions. Untuk itu saya berharap yang kami lakukan ini dapat memberi
manfaat yang benar-benar berkesan untuk pelanggan sesuai strategi kami tahun
ini yaitu simply memorable” tutup Rudy.
Setuju, internet dan terutama gadget yang terakses internet itu terbukti mempengaruhi tingkah laku manusia. Oleh karenanya perusahaan harus tanggap terhadap gejala tersebut.
BalasHapusKeren y..menyeimbangi dg perkembangan zaman, inovasi pelayanannya pun berbasis teknologi
BalasHapusJatuh cinta sama ini 'Bring Peace of Mind to Millions'. Kerennya, ini konsisten diterapkan dan lahirlah produk serta layanan yang benar-benar memfasilitasi kebutuhan pelanggan. Two thumbs :)
BalasHapus