Kayla Elena von Rueti: Lewat Camilan Sehat, Peduli Kesehatan, Lingkungan dan Perempuan


Dok. Pri : Kayla Elena von Rueti saat acara peluncuran "OVER DOZZZ WITH LOVE"
Permasalahan lingkungan dewasa ini cukup mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat Indonesia, terlebih pemberitaan atas paus sperma yang mati di Wakatobi dengan isi perut pelbagai sampah plastik, turut memberikan kesadaran kepada masyarakat bahwa isu lingkungan tidak bisa dipandang sebelah mata.

Plastik menjadi salah satu yang permasalahan bagi lingkungan, karena sulit terurai oleh organisme yang ada di dalam tanah, pun dapat terturai secara sempurna organisme di dalam tanah membutuhkan waktu setidaknya 50 hingga 100 tahun, adapun untuk sampah puntung rokok setidaknya dapat terturai secara sempurna sekitar 20 tahun.

Lama sekali bukan? So, masih anggap sampah tidak memiliki dampak?

Keprihatinan terhadap sampah tersebut mengetuk Kayla Elena von Rueti (selanjutnya Kay Kay) untuk berinovasi menjawab tantangan pada isu lingkungan, menariknya tak hanya lingkungan, Kay Kay juga peduli terhadap kesehatan masyarakat dan pemberdayaan perempuan.

Saya berkesempatan untuk bertanya langsung apa motivasi Kay Kay terjun pada isu-isu tersebut; “I am motivated to protect Bali's environment and the well being of Indonesians as I have always found our culture and landscapes truly unique. I consider it a blessing and I am so grateful that I am half Indonesian. Growing up here, I have seen how Bali has changed, as a child I heard stories from the elders on how green and pure life used to be in Bali. I was always somehow jealous that they got to experience a raw and the “true” Balinese life. Especially in the environmental aspect, as now we have a growing trash problem and have lost green land to hotels and other developments. I also noticed how diet has changed in the country, people are now consuming a lot of high sugar and fat foods. The Indonesian cuisine is very healthy, filled with spices and interesting flavours. But now we seem to have drifted to eating quick and easy “junk food”. Seeing how much Bali has changed is definitely what motivated me. I want to see cleaner beaches, greener forest and healthier and happier Indonesians. I also wish to empower the women in Bali as the more I went to the areas up north, I noticed many find it difficult to find employment. As most jobs are down in the south of the island and they do not wish to live so far away from their villages and families. I would like to help these people, especially the women find jobs in their own areas,” ujar Kay Kay.

Rasanya belum pernah saya menemukan seorang anak muda, yang peduli terhadap tiga (lingkungan, kesehatan, dan perempuan) isu sekaligus. Kepedulian Kay Kay pada lingkungan tertuang dengan hadirnya kemasan produk “OVER DOZZZ WITH LOVE”, yang berasal dari olahan kertas bekas, serta daun pisang yang ramah lingkungan serta aman bagi makanan.

Kabarnya Kay Kay mendapatkan inspirasi tersebut, karena melihat masyarakat Indonesia yang cukup banyak menggunakan daun pisang sebagai pembungkus makanan. Dari hasil pengamatannya tersebut, Kay Kay berinovasi dengan kertas bekas dan daun pisang, kemudian menghadirkan kemasan menarik.

Kay Kay berupaya menggabungkan nilai lokal dengan teknologi modern, yang pada akhirnya teraktualisasi dalam kemasan “OVER DOZZZ WITH LOVE” yang ramah lingkungan, penuh warna, dan yang cukup penting adalah menarik dipandang. Saya kurang begitu paham berapa lama Kay Kay melakukan riset hingga pada akhirnya, menemukan kemasan tersebut yang pasti inovasi Kay Kay ini perlu diapresiasi.
Dok. Pri | Produk yang luncurkan
Akan tetapi Kay Kay menceritakan kepada saya riset tentang “OVER DOZZZ WITH LOVE”, “The research for “Overdozzz with Love” actually started around 2 years ago when my mother and I were in Hong Kong. We noticed that they were many European brands selling Asian ingredient snacks. This is when we started our project to find women in villages in Bali that would be able to harvest, cut and bake organic coconuts to make a delicious snack. My mother spent weeks in the kitchen trying to find a recipe that was delicious and healthy. Soon after the coconut chips, we thought of making granola, so not only can people snack healthier. But they can find an easy way to start their day healthier. As it has so many nutrients and vitamins packed into a jar”, papar Kay Kay.

Kemasan yang dibuat oleh Kay Kay bertema hutan tropis dengan keberagaman flora dan fauna, dan yang buat saya senang melihatnya, kemasan tersebut berwarna penuh dengan khas Indonesia. Boleh jadi kemasan yang dibuat Kay Kay merupakan “kode” untuk kita peduli terhadap hutan.

 “OVER DOZZZ WITH LOVE” merupakan alternatif camilan sehat bagi masyarakat Indonesia, untuk kualitas hidup yang lebih baik. “OVER DOZZZ WITH LOVE” ini merupakan Best Granola With 10 Healthy yang biasanya dikonsumsi pada saat sarapan, namun kini dihadirkan sebagai camilan sehat bagi kita. Granola ini terdiri dari bahan out, madu, kacang mete, kismis, biji chia, vanili, almond, nanas kering, cranberry kering, goji berry, irisan almond, biji labu, garam laut, gula kelapa, bubuk kayu manis.

Semua bahan tersebut diolah dengan baik, sehingga tidak mengurangi kandungan vitamin yang ada pada granola tersebut. Sehingga sangat baik untuk tubuh kita yang memerlukan vitamin tertentu, granola ini pun alami dan organik sehingga aman bagi tubuh.

Bagi siapa saja yang turut membeli produk “OVER DOZZZ WITH LOVE”, turut membantu kegiatan Love and O2 dalam penanam dan pemeliharaan pohon, untuk keberlangsungan hutan tropis yang ada di Indonesia, selain dari itu juga turut membantu komunitas lokal rekanan Love and O2 yang merawat juga melindungi hutan tropis Indonesia.

Setiap pembelian “OVER DOZZZ WITH LOVE”, secara langsung kita akan berdonasi 15% untuk menjaga hutan tropis yang ada di Bali serta Kalimantan. Keberadaan hutan tropis sangat penting setiap generasi, baik kini dan nanti.

Hal yang rasanya penting, “OVER DOZZZ WITH LOVE” dalam proses produksi memberdayakan para perempuan lokal, yang pada akhirnya memberikan lapangan pekerjaan, serta dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat lokal sekitar hutan.

Saya cukup percaya, apa yang dilakukan oleh Kay Kay terhadap perempuan lokal yang diberdayakan tersebut, memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan dan penghidupan masyarakat sekitar, terlebih pada perempuan.

Sementara ini baru ada dua varian produk “OVER DOZZZ WITH LOVE”, yaitu granola serta kripik kelapa. Keripik kelapa ini memiliki dua varian rasa untuk sementara ini, manis dan pedas. Bagi saya kedua varian tersebut sama-sama enak!

Ada sedikit cerita tentang kripik kelapa ini, Bali merupakan salah satu daerah yang dianugrahi kepala yang melimpah, sehingga kadang kala kelapa yang ada di Bali memiliki harga jual yang cukup rendah. Melihat hal tersebut, Kay Kay berinovasi untuk menghadirkan produk yang kelapa yang baik dan miliki daya jual menarik atas kepala tersebut, hingga harga kelapa dapat masuk dalam harga yang baik bagi masyarakat Bali.

Saya cukup penasaran pola pendidikan siapa yang pada akhirnya mempengaruhi pola pikir Kay Kay, “My mother is from a village in Sumatra, so she was also blessed with growing up around such green and beautiful land. Since my sisters and I were small we were always thought to respect the earth and try to give back and not to just continuously take from her. My father has also been a big part of my education on seeing how important our environment is and how big of an effect we can make through diet. Eating healthier and locally makes a huge difference”, jawab Kay Kay.

Boleh jadi, Kay Kay menjadi sosok pahlawan muda masa kini, yang menghadirkan solusi atas tantangan yang ada di Indonesia, salah satunya masalah lingkungan. Rasanya, aksi yang dilakukan oleh Kay Kay sepatutnya, dapat menjadi narasi positif dan cerminan perempuan muda yang inovatif yang peduli terhadap keberlangsungan masyarakat, dan lingkungan.

“I hope that when people eat “OVER DOZZZ WITH LOVE” products it will remind them that each time they eat a bag or jar of our products that they are making a difference. That it will also motivate them in their daily lives to do every little thing they can to help save our environment. Indonesia is blessed with a lot of beautiful landscapes, we should do our best to protect it”, tutup Kay Kay.

Nah, untuk yang tertarik membeli camilan sehat kemudian berdonasi untuk hutan tropis, “OVER DOZZZ WITH LOVE” dapat didapatkan di The Food Hall Plaza Indonesia, Pondok Indah Mall, serta Senayan City. Jadi, tunggu apalagi?!

Komentar

Postingan populer dari blog ini