Wisata Edukasi Permata? Ke Bandung Aja!

Dok. Pri | Rombongan Blogger Yang Mengunjungi Indo Wisata Permata Bandung

Sebenarnya hari itu saya ingin leyeh-leyeh saja di rumah, selain karena masih bulan puasa, cuaca Bandung yang dingin kurang bersahabat bagi saya. Flu dan berbagai penyakit menyerang semenjak menginjak kota Kembang, tapi apa daya, sambungan telephone sang Bunda untuk segera berangkat menuju Indo Wisata Permata.

Bunda dan salah seorang adik saya sudah berangkat terlebih dahulu ke Indo Wisata Permata (Diamond Processing Gallery), beralamat di Kompleks Citra Green Blok N no 1-10, Dago atas.
Sesampai di Indo Wisata Permata, kesan mewah begitu terasa.
Dok. Pri | Sedang melihat berbagai proses pembuatan permata

Pun baru saya ketahui bahwa kota Bandung ini memiliki galeri pembuat permata dengan standar Internasional. Menarik karena tempat tersebut didominasi oleh orang lokal, barang tentu ini menjadi nilai tambah bahwa anak negeri ini mampu bersaing ke depan pada industri permata.
Saya diantarkan masuk ke salah-satu ruangan yang mempertontonkan video berisi proses dalam membuat permata. Sejujurnya saya tidak paham bagaimana proses pembuatan permata yang membuat banyak orang ingin memiliki. Namun di Indo Wisata Permata, pengetahuan tentang pembuatan permata dikemas dengan begitu simple hingga mudah dipahami oleh siapapun.
Dok. Pri | Melihat-lihat pelbagai permata yang ada di Indo Wisata Permata Bandung

Adapun permata yang diproses di IWP berasal dari Martapura, Kalimantan. Pemilihan permata tersebut salah-satu nya karena kualitas terbaik. Pun di tempat tersebut saya disuguhi secara langsung pembuatan permata, ruangan pembuatan terpisah dengan kaca tebal antara pengunjung dan para pegawai. Namun para pengunjung dapat melihat secara jelas detail pembuatan permata berkualitas di tempat ini.
Hal yang membedakan permata yang diproses di IWP ialah, pembuatan permata menggunakan alat-alat canggih dan modern. Hal tersebut mempengaruhi ketelitian dan kualitas dari permata apabila dibandingkan dengan cara manual.
Seingat saya ada empat langkah pembuatan permata, mulai dari bongkahan permata mentah hingga menjadi permata bernilai tinggi. Empat proses tersebut pun cukup menarik, dan dapat dilihat secara langsung di IWP. Setelah melihat pembuatan permata secara jelas, para pengunjung pun bisa membeli berbagai macam berlian dengan berbagai ukuran.
Dok. Pri | Salah-satu produk hasil Indo Wisata Permata Bandung

Harga permata-permata yang ada di Indo Wisata Permata bervariatif, mulai dari Rp. 500.000,- hingga yang termahal silakan cek sendiri. Kalau saya sih hanya bisa geleng-geleng kepala dan memandang dari jauh. Harga yang ditawarkan dengan barang yang tersedia di Indo Wisata Permata ini, rasanya sangat pantas. Apalagi kualitas yang diberikan sudah terverifikasi Internasional.
Bagi para pecinta permata, barang tentu Indo Wisata Permata dapat menjadi alternatif mencari permata berkualitas dengan harga lokal namun berkualitas internasional. Tak hanya itu, daya tarik sebagai wisata edukasi permata tak kalah menariknya. Adapun beberapa produk yang ada ialah, cincin, gelang, anting, kalung, liontin dan loss diamond.
Dok. Pri | Produk yang di produksi Indo Wisata Permata Bandung

Tentu, bagi teman-teman yang ingin mengetahui bagaimana pembuatan permata secara komprehensif, Indo Wisata Permata bisa masuk list destinasi wisata edukasi baik bagi anak maupun orang dewasa. Indo Wisata Permata buka setiap hari, namun untuk proses pembuatan permata libur khusus hari Senin.
Info Lengkap:
Instagram : @iwp.bdg


Komentar

  1. Wah permata, suka lihatnya. Memang indah sesuai dengan harganya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya belum suka harganya mbak, hehehe

      Hapus
  2. Wow, aku baru tau nih di Bandung ada wisata edukatif gini. Selama ini kalau ke sana cuma wisata kuliner aja hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, Bandung ga cuma wisata kuliner aja sekarang, hehehe

      Hapus
  3. wah ada ya di Bandung? makasih infonya.lgs dicatet nih buat modal kalo jalan ke bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap mbak e, matur suwun sudah mampir.

      Hapus
  4. Wah ada referensi tempat baru nih Bandung.

    BalasHapus
  5. salfok sama jejeran cincin-cincinnya *mata lope2*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harganya tapi ga bikin lope2 mbak :v

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Subhanallah, pengalaman yang keren banget. Kepengen bisa main-main kesini....soalnya g punya permata hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan mampir mbak, kalau belum punya, bisa beli di Bandung

      Hapus
  8. waaaah saya baru tau ttg permata di Bandung ini ... makasih loh info dan reviewnya. Sangat berharga ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah sudi mampir mas

      Hapus
  9. Aku termasuk yang nggak gitu suka pakai aksesoris dan perhiasan, tetapi kalau melihat permata berkilauan gitu ya tetap aja mupeng. Hihihi

    Wisatanya menarik ya, bisa jadi referensi kalau nanti main ke Bandung.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau permata tetep ya, hihihihi

      Silahkan mampir mbak, siapa tau suami mengizinkan membeli permata nya :D

      Hapus
  10. Waah ada permata, beliin #ehhh. Asyik neh di Bandung ya ada wisata edukasi permata. Temenku demen neh kalau ngomongin permata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rekomendasikan aja temen nya Ceu, siapa tau nanti di beliin sm temennya, xixixixi

      Hapus
  11. eh lucu juga wisata permata, gak mainstream ya waz hihihi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Edukatif banget mbak kalau untuk masyarakat umum

      Hapus
  12. Oh, baru tau di Bandung ada kek gini haha. Berarti itu bs dikunjungi utk umum jg ya ... Hmm, blh deh ntar pas di Bdg mampir2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa banget mas, kabarnya ada caffe nya juga di situ, dengan pemandangan Bandung 360 derajat

      Hapus
  13. Wah bagus-bagus permatanya, semoga bisa punya koleksi permata nanti.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini