Pabrik Mitsubishi Xpander Hadir Di Luar Dugaan!

Dok. Pri | Mitsubishi Xpander tampak depan yang hadir dalam sebuah pameran otomotif

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (selanjutnya MMKSI), pada Rabu Siang (07/02/18), mengundang para beberapa komunitas otomotif, rekan jurnalis dan blogger
ke pabrik perakitan Mitsubishi Motors di Indonesia, yaitu PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (selanjutnya MMKI) yang berada di Cikarang, Jawa Barat.

Saya menjadi salah-satu yang turut di undang, untuk mengikuti kunjungan pabrik MMKI. Dalam kesempatan tersebut, saya bersama rekan-rekan mendapatkan kesempatan berkeliling meninjau fasilitas pabrik, dan proses produksi yang dilakukan di dalam pabrik tersebut. Kami juga mendapatkan kesempatan khusus, merasakan langsung bagaimana performa salah satu mobil keluaran dari MMKI.
Rasa kagum hadir ketika pertama kali melihat bangunan pabrik yang begitu rapi juga megah, tak kurang dari kebersihan dari pabrik ini sangat terjaga. Jadi wajar saja, apabila pabrik MMKI yang berada di Bekasi, masuk dalam jajaran keempat pabrik berstandar global.
Hal yang menjadi menarik bagi saya, ternyata pabrik tersebut baru diresmikan bulan april 2017 lalu, oleh Presiden Joko Widodo. Namun predikat cukup mentereng sebuah pabrik, telah disandang oleh MMKI.
Predikat tersebut tidak muncul begitu saja, namun hadir dari persiapan yang matang dari manajemen MMKSI, dan juga dukungan kerja keras seluruh elemen pabrik dalam menghadirkan atmosfer kerja keras, disiplin, tepat waktu, dan berdedikasi tinggi.
Dok. kompas.otomotif | Menjadi salah satu pesernta Plant Tour Mitsubishi Xpander Bekasi
Hal tersebut rasanya sangat tercermin, karena kami sebagai pengunjung pabrik pun memiliki beberapa regulasi ketat, sehingga atmosfer kerja tetap hadir tanpa mengganggu proses produksi yang sedang berlangsung.
For Your Information, bahwa di pabrik MMKI Bekasi ada dua varian mobil yang di produksi, yaitu, mobil Pajero, dan mobil Xpander yang baru-baru ini diluncurkan oleh MMKI pada GIIAS 2017, yang mendapatkan sambutan yang begitu hangat dari masyarakat Indonesia. Adapun pada bulan Maret mendatang Mitsubishi Colt L300, akan menyusul di produksi di pabrik ini.
Mitsubishi Xpander dapat dikatakan sebagai produk unggulan dari MMKI, mau tidak mau hal tersebut diungkapkan, bagaimana tidak, hingga kini Mitsubishi Xpander telah dipesan 50.000 unit lebih oleh para pecinta-nya.
Angka tersebut terbilang fantastis, bisa jadi Mitsubishi Xpander memiliki kharisma tersendiri di kalangan pecinta otomotif Indonesia. Karena kharisma yang dimiliki Xpander tersebut, para konsumen rela untuk menunggu atau indent dalam mendapatkan produk tersebut.
Walau telah dipesan dan dinanti oleh para konsumen, MMKI tidak ingin terburu-buru memuaskan dahaga tersebut. Karena MMKI berkomitmen bahwa Mitsubishi Xpander adalah produk yang baik juga unggul, dan produk yang baik dan unggul harus terjaga kualitas secara konsisten. Oleh karena para konsumen setidaknya harus bersabar menanti giliran, hingga pada akhirnya mobil impian datang ke rumah. Apa yang dilakukan tersebut sebenarnya, demi kebaikan bersama.
PLANT TOUR MITSUBISHI XPANDER
Produksi Mitsubishi Xpander memiliki proses produksi yang berstandar global, yang diaplikasikan dalam setiap langkah produksi. Adapun dalam plant tour kami mendapatkan pengetahuan tentang;
PertamaStamping, yaitu proses pencetakan lempengan baja menjadi beberapa struktur badan utama kendaraan yang diproduksi, dalam proses ini hampir 90% menggunakan robot. Kurang lebih robot yang digunakan pada bagian ini ada 6, dan setiap robot memiliki kemampuan tersendiri, dalam satu panel ada yang memiliki kemampuan produksi 4 hingga 6 buah daun pintu.
Dok. kompas.otomotif | Para peserta plant tour Mitsubishi Xpander dari pelbagai komunitas
Kedua, Welding, yaitu proses penyatuan beberapa struktur kendaraan. Dalam proses ini pun 90% mengandalkan kemampuan robot otomatis, adapun dalam proses ini kemampuan robot lebih menakjubkan karena, setiap 60 menit mampu menyelesaikan 23 unit kendaraan.

Ketiga, masuk dalam proses Painting. Dalam kunjungan kemarin, kami tidak mendapatkan kesempatan untuk melihat proses secara langsung. Sehingga proses tersebut kami lewatkan, namun secara garis besar proses painting juga menggunakan robot. Dan kabarnya proses ini masuk dalam proses painting yang ramah lingkungan, sayangnya memang tidak dijelaskan secara rinci akan hal tersebut.
Keempat, Assembling, yaitu proses perakitan komponen secara keseluruhan. Dalam proses ini, kemampuan para pekerja pabrik MMKI begitu terlihat. Dimana setiap pos telah memiliki tugas masing-masing, dan begitu cekatan dalam melaksanakan tugasnya.
Hal yang cukup menarik, para pekerja dalam proses tersebut tidak hanya para pria, namun juga hadir para wanita. Dan hal tersebut cukup mengejutkan bagi saya pribadi, asumsi pendek saya bahwa MMKI memberikan kepada siapapun tanpa melihat gender.
Adapun dalam proses ini, hanya ada satu robot yang berperan, yaitu pada pemasangan kaca kendaraan.
Kelima, Quality Control. Tempat tersebut bagi saya merupakan tempat yang berperan sangat penting, karena semua kendaraan di cek secara keseluruhan, agar kualitas produk tetap terjaga. Sehingga para konsumen tetap mendapatkan produk yang baik, oleh karenanya peran quality control menjadi penting, dan kabarnya apabila tim quality control menyatakan ada kekurangan dalam sebuah unit, maka unit tersebut akan mendapatkan perlakuan khusus.
Dok. kompas.otomotif | Para petinggi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia menyambut para peserta plant tour Mitsubishi Xpander
Proses produksi XPander dengan kualitas standar global, hal tersebut terlihat secara jelas yang diaplikasikan di tiap langkah produksi. Adapun dalam produksi atau tahapan-tahapan pembuatan mobil, dihadirkan peralatan modern yang berteknologi tinggi, dengan proses ketelitian yang akurat, produk dijaga agar tetap terjaga kualitasnya.

Pelayanan kepada konsumen merupakan hal utama bagi MMKI, sehingga pada proses produksi memberikan tambahan shift di pabrik, agar pengiriman kendaraan kepada konsumen dapat lebih cepat dilakukan. Kabar yang saya dapatkan, bahwa setiap shift MMKI dapat memproduksi  MMKI dapat memproduksi 197 unit.
Penambahan tersebut bukan tanpa sebab, MMKI tentu ingin memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen, dan yang telah kini sudah masuk 50.000 unit dipesan. Dan hal yang sangat menggembirakan ialah, produk ini akan diekspor ke beberapa negara seperti, Filipina dan Thailand.
TEST DRIVE XPANDER YANG EKSPRESIF
Setelah mengetahui proses pembuatan Xpander di pabrik, kini kami yang hadir mendapatkan kesempatan untuk merasakan Xpander yang banyak dibicarakan oleh khalayak umum. Adapun bagi mereka yang ingin merasakan Xpander, pasti akan di dampingi oleh instruktur dari Rifat Driving Labs.
Para instruktur memberikan banyak pengetahuan tentang masalah berkendara, dan hal yang perlu diperhatikan saat akan berkendara ialah, kenali terlebih dahulu mobil yang akan di kendarai, mulai dari sistem transmisi, karakteristik mesin, teknologi yang dimiliki mobil, hingga cara berkendara yang baik bagi sebuah tipe mobil.
Dok. Pri | Tampilan Mitsubishi Xpander yang hadir dalam sebuah pameran otomotif
Dalam kesempatan tersebut saya berkesempatan merasakan Xpander transmisi manual dengan tipe exceed. Ada beberapa hal yang dapat di uji, hal utama yang dapat dirasakan sebagai penumpang, yaitu menguji kesenyapan kabin dalam. Hal yang menarik di Xpander yang saya rasakan, kabin dalam begitu tenang bahkan suara mesin saya tidak mendengar.

Selanjutnya kami diajak untuk merasakan sistem keamanan ABS, pada lintasan yang licin. Dan sistem tersebut menghadirkan sistem pengereman berkala, sehingga mobil tetap dapat dikendalikan secara baik oleh pengemudi.
Lalu trek selanjutnya merasakan empuknya suspensi Xpander dengan jalur bergelombang, dan yang saya rasakan memang, suspensi yang dimiliki Xpander begitu empuk.
Hal tersebut pun diamini oleh Rifat Sungkar yang menyatakan bahwa suspensi Xpander ialah, inovasi dari suspensi yang diaplikasikan pada mobil Mitsubishi Lancer Evo X. Sehingga kenyamanan pengendara, atau penumpang akan tetap terjaga ketika di dalam kabin.
Dok. Pri | Sebagian penampakan bagian dalam Mitsubishi Xpander
Dalam kesempatan tersebut juga kami merasakan total body control Xpander, dengan jalan zigzag. Kesempatan tersebut menjadi bentuk pembuktian bagi Xpander, yang tetap mampu terkontrol dengan beberapa bantingan stir.
Adapun jalur terakhir adalah, jalur berbentuk angka delapan, hal tersebut dilakukan untuk mengetahui radius putar kendaraan yang dapat dijangkau oleh Xpander. Dan boleh dikatakan Xpander memiliki radius putar yang baik, walau dalam jarak yang pendek sekalipun.
Dok. kompas.otomotif |  Para peserta plant tour bersama brand ambasadore Mitsubishi Xpander Rif'at Sungkar
Dan untuk mengetahui Mitsubishi Xpander lebih jauh. Silakan lihat di sini.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini